Kamis, 12 November 2015

PERSIAPAN 8 HARI REMAJA MESJID AL-BAROKAH SUKSES GELAR GEBYAR MUHARRAM 1435 H

Dalam rangka menyambut Tahun Baru Islam 1 Muharram 1435 H, Remaja Masjid Al-Barokah yang berlokasi di RW 06 Pasar Jumat Kelurahan Nagri Kaler Kecamatan Purwakarta Kabupaten Purwakarta mengadakan rangkaian kegiatan dengan tajuk Gebyar Muharram 1435 H. Acara tersebut terdiri dari Pawai Obor, Khitanan Masal, dan Pengobatan Gratis.

Acara ini berawal dari amanat ketua DKM Al-Barokah Bapak H. Yaya Abdurrahman yang menyerahkan kepanitiaan bulan Muharram pada remaja masjid.  Amanat tersebut disampaikan disela-sela acara evaluasi pelaksanaan kegiatan Idul Adha 1434 H pada Ahad malam, 20 Oktober 2013. Beliau berpesan yang intinya adalah bahwa kegiatan rutin tahunan DKM Al-Barokah di bulan Muharram adalah khitanan masal yang biasanya diadakan pada 10 Muharram setiap tahunnya, acara selebihnya diserahkan kepada remaja masjid.

Langkah pertama yang dilakukan panitia adalah rapat perdana yang dilaksanakan pada 27 Oktober 2013. Terpilih saudara Yudi Sirojuddin Syarief sebagai ketua panitia secara aklamasi. Kemudian rapat dilanjutkan dengan membahas penentuan waktu kegiatan, mata acara, dan pembagian kerja. Dalam rapat perdana tersebut disepakati bahwa waktu pelaksanaan adalah 1 Muharram 1435 H yang bertepatan dengan 5 Nopember 2013.

Kesepakatan hari pelaksanaan tersebut mengakibatkan konsekwensi yang sangat berat bagi panitia, mengingat waktu yang tersedia sangat sempit yakni tinggal 8 hari. Namun dengan semangat kebersamaan dan saling mengisi di antara panitia yang diibaratkan oleh Ketua Panitia dengan total football, kegiatan Gebyar Muharram 1435 H dapat terlaksana dengan baik.

Penilaian ini, dapat dilihat dari partisipasi masyarakat yang sangat besar pada setiap kegiatan. Pawai Obor sebagai acara pembuka yang dilaksanakan selepas shalat Isya pada 4 Nopember 2013 diikuti oleh hampir 300 orang peserta dari seluruh lapisan warga yang terdiri dari anak-anak, remaja, dan orang tua. Kemudian kegiatan Pengobatan Gratis yang ditargetkan hanya untuk 100 orang pasien, pada pelaksanaannya diminati oleh lebih dari 113 pasien. Bahkan saking membludaknya pasien, panitia yang tadinya merencanakan acara ini dilaksanakan sampai jam 11.00 wib dengan terpaksa menutup pendaftaran satu jam lebih cepat. 


Sayangnya, Khitanan Masal yang ditargetkan 20 anak hanya diikuti oleh 15 orang pendaftar. Ini disinyalir karena kegiatan khitanan masal yang biasanya dilaksanakan pada 10 Muharram dimajukan waktunya menjadi tanggal 1 Muharram. Meskipun target tidak terpenuhi, namun pelaksanaan khitanan masal telah terlaksana dengan baik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar